Mencegah Peretasan Dengan Membuat Sandi Yang Kuat

By Admin in Berita Keamanan Siber

Berita Keamanan Siber

Buat kata sandi yang kuat

Kata sandi adalah salah satu perlindungan paling dasar yang dapat kamu terapkan untuk mencegah ancaman dunia maya. Dengan menggunakan kata sandi yang kuat, kamu dapat mengurangi upaya peretas untuk mencuri kata sandi dan membobol sistem keamananmu.

Salah satu metode kriminal yang harus kamu waspadai adalah brute force. Peretas akan mencoba mengambil alih akun melalui coba-coba untuk memecahkan kata sandi, login, atau kunci enkripsi.

Metode ini relatif sederhana dibandingkan dengan metode lainnya. Namun hingga saat ini, serangan brute force masih sering digunakan dan kasusnya semakin meningkat, terutama karena transaksi sudah mulai berpindah ke dunia digital.


Beberapa tips membuat password yang kuat

Kata sandi (password) yang kuat hendaknya mudah Anda ingat tetapi sulit ditebak orang lain. Mari kita lihat beberapa hal penting untuk dipertimbangkan saat membuat password.

·       Jangan pernah menggunakan informasi pribadi Anda seperti nama, ulang tahun, username, atau alamat email. Informasi-informasi ini umumnya dapat diakses publik, sehingga orang lain lebih mudah menebak password Anda.

·       Gunakan password yang panjang. Setidaknya panjang password minimal 6 digit, meskipun dapat lebih panjang untuk keamanan ekstra.

·       Jangan memakai password yang sama untuk semua akun Anda. Jika seseorang menemukan kata sandi pada satu akun Anda, maka akun-akun Anda lainnya akan terancam.

·       Gunakan kombinasi angka, simbol, huruf kapital dan kecil.

·       Hindari menggunakan kata-kata yang dapat ditemukan di dalam kamus. Misalnya, berenang1 merupakan password yang lemah.

·       Password acak adalah password yang terkuat. Jika Anda mengalami kesulitan membuat password acak ini, maka Anda dapat menggunakan aplikasi password generator.
 
(Sumber: https://edu.gcfglobal.org/en/tr_id-internet-safety)
Back to Posts