Layanan Reaktif
Layanan reaktif dari Badan Pangan-CSlRT merupakan layanan utama dan bersifat prioritas yaitu:
Layanan reaktif dari Badan Pangan-CSlRT merupakan layanan utama dan bersifat prioritas yaitu:
- Pemberian peringatan terkait laporan insiden siber
Layanan ini dilaksanakan berupa pemberian peringatan adanya insiden siber dan juga informasi statistik terkait layanan kepada pemilik sistem elektronik. - Layanan penanggulangan dan pemulihan insiden
Layanan ini diberikan berupa koordinasi, analisis, rekomendasi teknis, dan bantuan on-site dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden siber. - Layanan penanganan kerawanan
Layanan ini diberikan berupa koordinasi, analisis, dan rekomendasi teknis dalam rangka penguatan keamanan (hardening). Namun, layanan ini hanya berlaku apabila syarat- syarat berikut terpenuhi :
a. Pelapor atas kerawanan adalah pemilik sistem elektronik. Jika pelapor adalah bukan pemilik sistem, maka laporan kerawanannya akan dikoordinasikan dengan pemilik sistem.
b. Layanan penanganan kerawanan yang dimaksud dapat juga merupakan tindak lanjut atas kegiatan vulnerability assessment. - Layanan penanganan artefak
Layanan ini diberikan berupa penanganan artefak dalam rangka pemulihan sistem elektronik terdampak ataupun dukungan investigasi.
Layanan Proaktif
- Menyelenggarakan kegiatan workshop keamanan siber kepada pihak konstituen.
- Menyelenggarakan sosialisasi keamanan siber kepada konstituen;